SEKILAS INFO

     » Keluarga Besar Kecamatan Dolopo mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2016      » sms pelayanan kec. Dolopo 082244197775, email kecdolopo@madiunkab.go.id      » >>>>>>selamat datang di website Kecamatan Dolopo, terima kasih atas kunjungan anda<<<<<<<
Kamis, 23 April 2015 - 08:07:29 WIB
PAP SMEAR

Diposting oleh : Administrator
Kategori: PKK - Dibaca: 721 kali

Dalam rangka memperingati Hari Kartini Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun mengadakan kegiatan Pap Smear gratis.  Kegiatan ini antara lain dilaksanakan di Kecamatan Dolopo. Bertempat di Puskesmas Bangunsari, Pap Smear ini mendapat apresiasi yang sagat positif dari masyarakat Kecamatan Dolopo terutama para ibu rumah tangga baik muda maupun muda. Pap Smear dihadiri oleh Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Madiun beserta pengurusnya.

 

Papanikolaou test atau Pap smear adalah metode screeningginekologi, dicetuskan oleh Georgios Papanikolau, untuk menemukan proses-proses premalignant dan malignant di ectocervix, dan infeksi dalam endocervix dan endometrium. Pap smear digunakan untuk mendeteksi kankerrahim yang disebabkan oleh human papillormavirusatau HPV. Wanita yang aktif secara seksual disarankan menjalani Pap smear sekali setahun.

Sekilas dijelaskan oleh petugas kesehatan setempat, yang pada saat pelaksanaan mengenakan  kebaya ini,  bahwa Pap Semear dilakukan dengan memasukkan speculum ke vaginapasien untuk mengambil sample dari cervixoleh dokter atau perawat. Pap smear biasanya tidak dilakukan selama menstruasi. Prosedur ini dapat menimbulkan sedikit rasa sakit, namun hal ini bergantung kepada anatomipasien, faktor psikologi, dan lain-lain. Sample kemudian diuji di laboratorium.

Pemeriksaan Pap Smear dilakukan  paling tidak setahun sekali bagi wanita yang sudah menikah atau yang telah melakukan hubungan seksual. Para wanita sebaiknya memeriksakan diri sampai usia 70 tahun.

Pap Smear dapat dilakukan kapan saja, kecuali pada masa haid. Persiapan pasien untuk melakukan Pap Smear adalah tidak sedang haid, tidak coitus 1 – 3 hari sebelum pemeriksaan dilakukan dan tidak sedang menggunakan obat – obatan vaginal.