SEKILAS INFO

     » Keluarga Besar Kecamatan Dolopo mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2016      » sms pelayanan kec. Dolopo 082244197775, email kecdolopo@madiunkab.go.id      » >>>>>>selamat datang di website Kecamatan Dolopo, terima kasih atas kunjungan anda<<<<<<<
Rabu, 25 November 2015 - 10:27:42 WIB
PEMBINAAN PPKBD DAN SUB PPKBD

Diposting oleh : Administrator
Kategori: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA - Dibaca: 2391 kali

Dalam rangka meningkatkan kemampuan pengelolaan Program KB di lini lapangan, untuk mengembangkan kegiatan operasional di wilayah kerja PPKBD dan Sub PPKBD dan untuk meningkatkan motivasi dan kinerja, pada hari Rabu tanggal 25 Nopember 2015 bertempat di Aula Kantor Camat Dolopo diadakan Pembinaan PPKB dan Sub PPKBD Program Kependudukan dan Keluarga Berencana Tahun Anggaran 2015.

Acara ini dihadiri oleh PPKBD dan Sub PPKBD Desa/Kelurahan se-Kecamatan Dolopo, PLKB Kecamatan Dolopo dan KB PP Kabupaten Madiun. 

Kita ketahui bersama bahwa posisi PPKBD dan Sub PPKBD dalam pengelolaan Program KB Nasional  sangat menentukan terutama dalam menghadapi perubahan Visi, Misi dan Grand Strategi.  Keberhasilan Program KB atau sekarang dikenal dengan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) antara lain ditandai dengan adanya penurunan laju pertumbuhan pendudukan, penurunan tingkat fertilitas, peningkatan kesadaran masyarakat tentang makna keluarga kecil dan peningkatan kepedulian serta peran masyarakat dalam pengelolaan program KB. Maka penumbuhan, pembinaan dan pengembangan PPKBD dan Sub PPKBD perlu terus dikembangkan untuk ikut membina agar program-program tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Untuk kebijakan program Keluarga Berencana, diharapkan PPKBD dan Sub PPKBD dapat membantu calon atau pasangan suami istri dalam mengambil keputusan dan mewujudkan hak reproduksi secara bertanggung jawab tentang usia ideal perkawinan, usia ideal untuk melahirkan, jumlah anak ideal, jarak ideal kelahiran anak dan penyuluhan kesehatan reproduksi.

Untuk kebijakan pembangunan keluarga dapat melakukan pembinaan ketahanan melalui kelompok-kelompok Bina Keluarga Balita/BKB, Bina Keluarga Remaja/BKR, Bina Keluarga Lansia/BKL dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera/UPPKS. Serta memberikan informasi dan penyuluhan tentang Pemberdayaan Perempuan misalnya KDRT, Perlindungan Perempuan dan Anak, Peningkatan Peran wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera dan lain-lain. (Catur)