SEKILAS INFO

     » Keluarga Besar Kecamatan Dolopo mengucapkan Selamat Hari Jadi Kab. Madiun ke-449 dan HUT RI ke-72      » sms pelayanan kec. Dolopo 082244197775, email kecdolopo@madiunkab.go.id      » >>>>>>selamat datang di website Kecamatan Dolopo, terima kasih atas kunjungan anda<<<<<<<
Jumat, 29 Januari 2016 - 12:13:33 WIB
MUSRENBANG KEC DOLOPO TAHUN 2016

Diposting oleh : Administrator
Kategori: EKONOMI PEMBANGUNAN - Dibaca: 365 kali

Bertempat di Kantor Desa Glonggong, Selasa 26 Januari 2016 telah dilaksanakan Musrenbang Kecamatan Dolopo. Tujuan Mendorong peran dan partisipasi masyarakat dalam merumuskan dan mengambil keputusan hasil musyawarah desa dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan bersama pemerintah di tingkat Kecamatan.

 

Kecamatan Dolopo mendapatkan jadwal yang pertama untuk melaksanakan musrenbang Tahun 2016.  Peserta musrenbang berjumlah 125 orang Yang terdiri dari  Unsur Muspika Kecamatan Dolopo, Kepala Dinas Instansi se-Kecamatan Dolopo, Para Tokoh masyarakat dan Pimpinan Ormas, Kades/Kelurahan beserta delegasinya.

 

Dalam paparannya Camat Dolopo, Bapak Arik Krisdiananto, S.STP menyampaikan antara lain yaitu Arah Kebijakan Pembangunan di Kecamatan Dolopo adalah Sub Satuan Wilayah Pengembangan III adalah Kawasan yang direncanakan menjadi kawasan agropolitan, agrowisata, ekowisata dan agroforestry  yang meliputi : Kecamatan Dolopo, Kecamatan Geger, Kecamatan Dagangan dan Kebonsari. Fungsi wilayah SSWP III adalah Perdagangan dan Jasa,  Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Industri Kecil Pengolahan hasil, Kawasan lindung, Pariwisata.

Beliau juga menyampaikan bahwa Rencana Kebutuhan fasilitas untuk SSWP III  meliputi :

  • Fasilitas Pendidikan : Pengembangan pendidikan setara SMA maupun SMK
  • Fasilitas Perdagangan dan Jasa : Pasar Umum, Pasar Agribisnis, revitalisasi pasar buah, pembangunan rumah potong hewan, bank, swalayan, rumah makan, ruang pamer
  • Utilitas : Pembangunan TPS, TPA, perbaika n dan pembangunan jaringan irigasi, Jaringan drainase
  • Fasilitas Kesehatan : Pembangunan rumah sakit tipe C dan pelayanan kesehatan masyarkat.
  • Pengembangan sarana prasarana pariwisata : akomodasi wisata, pengembangan wisata
  • Peribatan : Masjid, gereja, pura sesuai penduduk pendukungnya
  • Rekreasi – Olahraga : Pemanfaatan ruang terbuka hijau
  • Sarana dan prasarana transportasi : Pengembangan jalan dan pembangunan terminal agribis

 Dalam kesempatan ini Bapak Camat Dolopo juga menyampaikan Hasil Pembangunan di Kecamatan Dolopo antara lain Umbul Square, Water Boom Umbul Square, Rehabilitasi Lapangan Kelurahan Bangunsari, Perluasan RSUD Dolopo, Traffic Light  Bangunsari – Dolopo, Rehabilitasi Talud Sungai Glonggong dan Desa Ketawang, Rehabilitasi Pasar Unggas, Pembangunan Trotoar Jl. Madiun –Ponorogo di Kel. Mlilir, Pemanfaatan Tehnologi Pertanian dan Batik Khas Dolopo “ Jaduran” produksi Desa Candimulyo.

 Musrenbang dilanjutkan pembahasandengan membagi peserta kedalam 3 kelompok yaitu  Bidang Sosial & Budaya, Bidang Ekonomi dan Bidang Fisik (Kimpraswil).  Masing-masing kelompok dipimpin oleh petugas yang ditunjuk oleh Camat. Diikuti oleh Tim Pelaksana Musrenbang Kabupaten dan SKPD sesuai Bidang masing-masing sebagai narasumber. Kemudian diteruskan dengan Diskusi Pleno untuk menyepakati hasil diskusi kelompok, Penentuan 3 orang delegasi untuk mengikuti forum SKPD yang berasal dari unsur masyarakat dan pemerintah dan Penandatanganan berita acara oleh perwakilan peserta dan Camat.