SEKILAS INFO

     » Keluarga Besar Kecamatan Dolopo mengucapkan Selamat Hari Jadi Kab. Madiun ke-449 dan HUT RI ke-72      » sms pelayanan kec. Dolopo 082244197775, email kecdolopo@madiunkab.go.id      » >>>>>>selamat datang di website Kecamatan Dolopo, terima kasih atas kunjungan anda<<<<<<<
Jumat, 29 Januari 2016 - 12:21:28 WIB
SOSIALISASI DAN PELATIHAN UJIAN SIM

Diposting oleh : Administrator
Kategori: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA - Dibaca: 47 kali

Dalam rangka menyukseskan program Polda Jatim dalam pemberian pelayanan SIM kepada masyarakat, Polres Madiun mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Ujian Teori dan Praktek Penerbitan SIM melalui Program 3 Pilar (Kades, Babinsa, Babinkamtibmas) sebagai Wujud Pelayanan Prima kepada masyarakat.

 Kecamatan Dolopo merupakan Kecamatan  yang dipilih sebagai pioner program ini, karena ini adalah Program baru di Kabupaten Madiun.  Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan Kepala Desa mengkoordinir warganya yang akan memperpanjang sim dan berkoordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas.  Dengan layanan ini akan mempermudah masyarakat dalam pelayanan perpanjangan SIM karena masyarakat tidak lagi harus datang ke Polres tetapi Polres akan menfasilitasi dengan sim keliling.  Warga juga dipermudah dengan persyaratan menyerahkan fotocopy KTP dan SIM sebanyak 5 lembar.

 Dalam sosialisasi ini juga dijelaskan persyaratan pengajuan SIM baru yaitu Usia min 17 tahun untuk SIM A dan C.  Dan memenuhi persyaratan :

1. Syarat Administrasi

  • Identitas diri berupa KTP asli bagi WNI dan Pasport/KITA (Kartu Ijin Menetap Sementara) bagi WNA;
  • Mengisi formulir permohonan;
  • Sidik jari di Unit Identifikasi Polres Madiun.

2. Syarat Kesehatan

  • Sehat jasmani dengan surat keterangan dari dokter kepolisian;
  • Sehat rohani dengan surat keterangan lulus tes psikologi

3. Syarat Lulus melalui Ujian

  • Ujian teori;
  • Ujian Praktek;
  • Ujian Ketrampilan melalui simulator.

Apabila salah satu persyaratan diatas ada kekurangan / tidak lengkap termasuk pemohon buta  huruf (tidak bisa baca dan tulis) maka SIM tidak bisa diterbitkan.