SEKILAS INFO

     » Keluarga Besar Kecamatan Dolopo mengucapkan Selamat Hari Jadi Kab. Madiun ke-449 dan HUT RI ke-72      » sms pelayanan kec. Dolopo 082244197775, email kecdolopo@madiunkab.go.id      » >>>>>>selamat datang di website Kecamatan Dolopo, terima kasih atas kunjungan anda<<<<<<<
Kamis, 11 Februari 2016 - 12:49:35 WIB
BIMTEK PENYUSUNAN RPJM DESA DAN RKP DESA

Diposting oleh : Administrator
Kategori: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA - Dibaca: 731 kali

Dalam upaya mempercepat proses penyusunan RPJMDesa dan RKPDesa serta meningkatkan kemampuan Tim Penyusunan RPJMDesa dan RKP Desa, pada Hari Selasa, 9 Pebruari 2016 Kecamatan Dolopo mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan RPJMDesa dan RKP Desa. 

Kegiatan yang diadakan di Balai Desa Glonggong ini dihadiri 50 peserta dari 10 Desa se-Kecamatan Dolopo ini terdiri Kepala Desa, Ketua BPD, Sekretaris Desa (Ketua Tim Penyusunan RPJMDesa, Ketua LPKMD (Sekretaris Tim penyusunan RPJMDesa) dan 1 (satu) orang anggota Tim Penyusunan RPJMDesa.

Dalam sambutannya Camat Dolopo, Bapak Arik Krisdiananto, S.STP menghimbau agar desa untuk segera menindaklanjuti dengan membuat Peraturan Desa terkait dengan RPJM Desa dan RKP Desa yang merupakan persyaratan yang digunakan untuk penyaluran dana transfer baik yang bersumber dari dana ADD, DD maupun bagi hasil pajak dan restribusi daerah.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, selanjutnya disingkat RPJM Desa, adalah rencana kegiatan pembangunan Desa untuk jangka waktu 6 (enam) Tahun, yang memuat  arah kebijakan pembangunan Desa, arah kebijakan keuangan desa,  kebijakan umum dan program-program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lintas SKPD dan program prioritas kewilayahan disertai dengan rencana kerja yang merupakan penjabaran dari Visi-Misi dari Kepala Desa terpilih.

Rencana Kerja Pemerintah Desa selanjutnya disebut RKP Desa  adalah penjabaran dari RPJM Desa untuk jangka waktu 1 (satu) Tahun, yang memuat rancangan kerangka ekonomi Desa dengan mempertimbangan kerangka pendanaan yang dimutakirkan, program pembangunan Desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan RPJM Desa.

Sedangkan Perencanaan pembangunan Desa disusun berdasarkan hasil kesepakatan dalam musyawarah Desa yang diselenggarakan secara partisipatif yang diikuti Badan Permusyawaratan Desa, Pemerintah Desa dan unsur masyarakat Desa.

Pemerintah Desa menyusun perencanaan Pembangunan Desa sesuai dengan kewenangannya dengan mengacu pada perencanaan pembangunan Kabupaten/ Kota

Peraturan Desa tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa)  adalah satu-satunya dokumen perencanaan di desa.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa dan Rencana Kerja Pemerintah Desa merupakan satu-satunya pedoman dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa yang diatur dalam Peraturan Desa.