SEKILAS INFO

     » Keluarga Besar Kecamatan Dolopo mengucapkan Selamat Hari Jadi Kab. Madiun ke-449 dan HUT RI ke-72      » sms pelayanan kec. Dolopo 082244197775, email kecdolopo@madiunkab.go.id      » >>>>>>selamat datang di website Kecamatan Dolopo, terima kasih atas kunjungan anda<<<<<<<
Rabu, 18 Mei 2016 - 08:26:12 WIB
PEMBINAAN DAN SOSIALISASI APARAT PEMUNGUT PBB P2

Diposting oleh : Administrator
Kategori: PEMERINTAHAN - Dibaca: 212 kali

Sebagaimana dijelaskan dalam pasal 1 angka 9 UU no 19 tahun 1997 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa sebagaimana telah diubah dengan UU no 19 Tahun 2000, Penagihan Pajak adalah serangkaian tindakan agar Penanggung Pajak melunasi utang pajak dan biaya penagihan pajak dengan menegur atau memperingatkan, melaksanakan penagihan seketika dan sekaligus, memberitahukan Surat Paksa, mengusulkan pencegahan, melaksanakan penyitaan, melaksanakan penyanderaan, menjual barang yang telah disita. Sedangkan Utang pajak adalah pajak yang masih harus dibayar termasuk sanksi administrasi berupa bunga, denda atau kenaikan yang yang tercantum dalam surat ketetapan pajak atau surat sejenisnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan (pasal 1 angka 8 UU no 19 tahun 2000), demikian serangkaian penjelasan dari Dispenda Kabupaten Madiun pada acara Pembinaan dan Sosialisasi Aparat Pemungut PBB P2 di Kecamatan Dolopo yang diadakan pada hari Selasa, 3 Mei 2016. Acara yang dihadiri oleh Kepala Desa/Kelurahan se-Kecamatan Dolopo dan petugas pemungut PBB ini bertujuan agar praktek perpajakan, tidak terjadi kesalahan atau tindakan yang merugikan kepentingan umum, baik dilakukan pegawai perpajakan, wajib pajak, kuasa wajib pajak dll.

Dalam kesempatan ini, Kapolsek Dolopo juga memberikan paparan mengenai pemahaman dalam upaya mencegah terjadinya tindak pidana pajak.