SEKILAS INFO

     » Keluarga Besar Kecamatan Dolopo mengucapkan Selamat Hari Jadi Kab. Madiun ke-449 dan HUT RI ke-72      » sms pelayanan kec. Dolopo 082244197775, email kecdolopo@madiunkab.go.id      » >>>>>>selamat datang di website Kecamatan Dolopo, terima kasih atas kunjungan anda<<<<<<<
Senin, 03 Oktober 2016 - 13:11:25 WIB
RUWATAN SENGKOLO BUMI PROJO

Diposting oleh : Administrator
Kategori: SOSIAL BUDAYA - Dibaca: 107 kali

Dalam rangka melestarikan budaya local yang ada di Kecamatan Dolopo khususnya di lingkup Obyek Wisata Umbul Square dimana ada terdapat budaya yang sudah lama tidak terlaksana yaitu Budaya Kurasan Sumber Air Belerang Umbul. 

Setelah fakum sekian lama, maka pada hari  Minggu bertepatan dengan tanggal 1 Muharam 1438 H dilaksanakan kembali acara tersebut yang dikemas dan dikonsep dengan lebih baik dan menarik tanpa mengurangi kesakralannya.  Bentuk kegiatan Ruwat Sengkolo Bumi Projo ini berupa Kirab Kasepuhan dan Pejabat Umbul, Kirab Tumpeng, Kirab Pusaka, Kurasan Sumber Air Belerang Umbul dan Prosesi Ruwatan. Kirab dengan start Halaman MAN Dolopo dan finish Umbul Square.

Acara ruwatan ini juga dimeriahkan dengan hiburan Kesenian Daerah Madiun Dongkrek, Drumband, Kesenian Gajah-gajahan, Seni Karawitan dan Pameran Pusaka dan Bendo Kuno.