SEKILAS INFO

     » Keluarga Besar Kecamatan Dolopo mengucapkan Selamat Hari Jadi Kab. Madiun ke-449 dan HUT RI ke-72      » sms pelayanan kec. Dolopo 082244197775, email kecdolopo@madiunkab.go.id      » >>>>>>selamat datang di website Kecamatan Dolopo, terima kasih atas kunjungan anda<<<<<<<
Rabu, 05 Oktober 2016 - 10:40:16 WIB
FASILITASI PEMBENTUKAN KP-ASI

Diposting oleh : Administrator
Kategori: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA - Dibaca: 399 kali

Menindaklanjuti pembentukan KP-ASI Kecamatan Dolopo, pada Hari Selasa, 4 Oktober 2016 bertempat di Balai Desa Bader telah terselenggara Fasilitasi Pembentukan Kelompok Pendukung Air Susu Ibu di Desa Bader.  Acara yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun ini dihadiri oleh Kepala Desa Bader, Ketua TP PKK Desa Bader, Bidan Desa, Kader Posyandu, Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui.

Kita ketahui bersama tujuan umum pembentukan KP-ASI adalah untuk mendukung agar ibu-ibu dapat lebih berhasil menyusui, yaitu memberikan ASI Eksklusif kepada bayinya dan dilanjutkan hingga anak usia 2 tahun. Sedangkan tujuan khusus antara lain adalah meningkat pengetahuan dan ketrampilan anggota kelompok tentang ASI-Eksklusif, memperoleh komitmen dari anggota untuk mendukung semua kegiatan yang dilaksanakan, dikeluarkannya Surat Keputusan dari Kepala Desa tentang Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) dan kelompok pendukung ASI dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Acara ini diawali dengan penandatanganan Komitmen oleh Kepala Desa, Ketua PKK, Bidan Desa, Kader Posyandu, Ibu Hamil, Ibu menyusui, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat ini dilanjutkan dengan pengisian Materi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun dan TP PKK Kabupaten Madiun.

Proses Pembentukan KP-ASI yang meliputi :

  1.  Melakukan pemanggilan kepada peserta / anggota melalui surat Kades
  2. Menjelaskan tujuan dibentuknya KP-ASI
  3. Menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KP-ASI
  4. Meminta Komitmen dari anggota KP-ASI
  5. Menyusun organisasi/Kepengurusan KP-ASI
  6. Membuat SK Kepala Desa tentang KP-ASI

Sedangkan Tugas daripada KP-ASI adalah memberikan nasehat praktis kepada Ibu-ibu hamil dan ibu menyusui tentang perawatan payudara, cara menyusui yang baik dan benar, manfaat ASI dan menyusui secara eksklusif, memberikan nasehat tentang mengatasi permasalahan yang dihadapi pada waktu menyusui dan juga memberikan dukungan psikologis kepada ibu menyusui sehingga menimbulkan rasa aman, percaya diri dan memberikan motivasi.

Semoga dengan terbentuknya Kelompok Pendukung Air Susu Ibu (KP-ASI) di Desa Bader ini akan semakin memberikan kesadaran masyarakat terutama masyarakat di Desa Bader akan pentingnya ASI yang akan menentukan kwalitas generasi bangsa ini di masa akan datang. (AR)