SEKILAS INFO

     » Keluarga Besar Kecamatan Dolopo mengucapkan Selamat Hari Jadi Kab. Madiun ke-449 dan HUT RI ke-72      » sms pelayanan kec. Dolopo 082244197775, email kecdolopo@madiunkab.go.id      » >>>>>>selamat datang di website Kecamatan Dolopo, terima kasih atas kunjungan anda<<<<<<<
Jumat, 30 Juni 2017 - 20:44:29 WIB
GEMASAKIA SUCI

Diposting oleh : Administrator
Kategori: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA - Dibaca: 50 kali

Salah satu program Pokja IV Desa Lembah Kecamatan Dolopo yang menonjol adalah GEMA SAKIA SUCI.  Istilah dengan kepanjangan dari Gerakan Masyarakat Sayang Ibu Hamil dan Anak Suka Cuci Tangan ini mulai telah membawa Desa Lembah Kecamatan Dolopo menjadi Juara III dalam rangka Lomba Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan Tahun 2017 yang diadakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Madiun.

GEMA SAKIA SUCI dilaksanakan dengan memanfaatkan limbah dari botol bekas minuman air putih 1,5 lt yang dimodifikasi secara sederhana dan sedemikian rupa sehingga bisa digunakan sebagai tempat cuci tangan.  Botol bekas yang sudah diisi air ini dipasang di depan setiap rumah yang terjangkaun oleh anak kecil sehingga bisa dimanfaatkan anak-anak sepulang dari sekolah atau bermain untuk mencuci tangan. 

Khusus untuk rumah yang dihuni oleh ibu hamil ada penandaan khusus di setiap botol bekas minuman ini.  Warna yang diberikan dibagi menjadi 3 warna dengan masing-masing kreteria yang berbeda. Untuk warna merah diberikan untuk rumah yang berpenghuni ibu hamil yang beresiko tinggi, warna kuning diberikan  untuk rumah yang berpenghuni ibu hamil yang beresiko sedang  dan kuning untuk rumah yang berpenghuni ibu hamil yang tanpa resiko.