SEKILAS INFO

     » Keluarga Besar Kecamatan Dolopo mengucapkan Selamat Hari Jadi Kab. Madiun ke-449 dan HUT RI ke-72      » sms pelayanan kec. Dolopo 082244197775, email kecdolopo@madiunkab.go.id      » >>>>>>selamat datang di website Kecamatan Dolopo, terima kasih atas kunjungan anda<<<<<<<
Senin, 31 Juli 2017 - 10:53:28 WIB
SOSIALISASI KAMPANYE MR (MEASLES RUBELLA)

Diposting oleh : Administrator
Kategori: PKK - Dibaca: 55 kali

Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2017, Tim Penggerak PKK Kecamatan Dolopo mengadakan kegiatan Sosialisasi Kampanye MR (Measles Rubella).  Kegiatan ini diadakan pada hari Rabu, 26 Juli 2017 yang diikuti oleh Ketua Tim Pengerak PKK Desa/Kelurahan dan Ketua Pokja I s/d IV se-Kecamatan Dolopo.

Sosialisasi ini diadakan di Aula Kecamatan Dolopo dengan narasumber dr. Yanti Umi Anggraini, Kepala Puskesmas Mlilir.  Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa Program imunisasi akan efektif atau bisa memberikan dampak penurunan penyakit apabila cakupan tinggi dan merata di semua desa dan mutu pelayanan terjaga. Hasil lab tahun 2015 di Jatim  kasus rubella 3,4 kali dibandingkan dengan kasus campak. KLB Suspek Campak  di Jatim hasil lab Rubella pada tahun   2015 =  69,6%, tahun  2016 = 6,8%, tahun  2017 = 15,6% per 20 April. Sedangkan Rubella ini tidak seganas campak, persamaan dengan campak adalah demam dan bercak merah dan perbedaan adalah pembesaran kelenjar, sedangkan pada anak atau remaja rubella biasanya tidak berat. Tetapi masalah serius untuk janin.

Rubella adalah penyakit infeksi virus akut, sangat menular yang biasanya berupa penyakit ringan pada anak yang disebabkan oleh virus Rubella dengan cara penularan melalui saluran napas pada saat batuk atau bersin. Komplikasi berat terjadi apabila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan yang dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital atau Congenital Rubella Syndrome.