SEKILAS INFO

     » Keluarga Besar Kecamatan Dolopo mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Madiun ke-450      » sms pelayanan kec. Dolopo 082244197775, email kecdolopo@madiunkab.go.id      » >>>>>>selamat datang di website Kecamatan Dolopo, terima kasih atas kunjungan anda<<<<<<<
Senin, 16 Juli 2018 - 20:02:12 WIB
PENANGANAN ODGJ DAN PASUNG

Diposting oleh : Administrator
Kategori: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA - Dibaca: 68 kali

Kita ketahui bersama bahwa di Kecamatan Dolopo masih terdapat penderita gangguan jiwa yang dipasung, alasan keluarga bersangkutan karena malu dan demi keamanan karena para ODGJ sering mengamuk.  Sdr. Sugeng, warga Rt. 14 Desa Dolopo merupakan salah satunya.  Pada hari Senin, 09 Juli 2018, TKSK Kecamatan Dolopo, didampingi oleh Kasi Kesos, Kepala Puskesmas Bangunsari, Kepala Desa Dolopo beserta Sekretaris Desa berkesempatan untuk mengunjungi rumahnya, memberikan  pendekatan kepada keluarga untuk mau melepas pasien dari belenggu pasung dan diberi pengobatan lebih lanjut.

Penderita gangguan kejiwaan tidak seharusnya dipasung, tetapi harus dirawat secara medis di rumah sakit jiwa. Pendekatan dilakukan secara humanis, sehingga dapat menyembuhkan atau mengurangi penderita dari gangguan jiwanya. Untuk itu, ia berharap kesadaran masyarakat dan keluarga agar membawa penderita gangguan jiwa atau psikotik ke rumah sakit jiwa terdekat.